THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 18 Oktober 2008

Laskar Pelangi VS Daerah Abu-abu

LASKAR PELANGI

Menarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang Kuasa
Cinta kita di dunia......
Selamanya

Wuaaaaaaaaaa..... Sepenggal lagu Nidji di atas mampu mengubah pandanganku tentang dunia... Aku dapat lagu itu dari temanku (thanks Ophie), dan aku langsung jatuh cinta. Ada 2 alasannya. Partama, Nidji band favoritku..Kedua, Aku baru menemukan sebuah lagu yang punya syair begitu mendalam.. Mungkin terdengar berlebihan.. Tapi mang itu adanya. Aku jatuh cinta pada lagunya, seperti aku jatuh cinta pada bukunya, tokoh-tokohnya, dan mimpi-mimpi mereka yang begitu indah.

Andrea Hirata cukup menuliskan satu novel yang mampu menjadi fenomena dimasyarakat. Sarat muatan pendidikan, mimpi, persahabatan, cita-cita, dan tentu saja kesyukuran. Aku menangis dan tertawa membacanya. Penuh dengan emosi. Laskar pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Aku baru membaca sampai buku yang ketiga. Novel yang fenomenal.. Aku terpesona kata-katanya.. Dia pengarang yang hebat..

Kembali ke permasalahan semula kenapa aku mau mengangkat tema laskar pelangi di blog ku yang sederhana ini.. Alasan utamanya ini menyangkut tentang hidupku yang agak amburadul belakangan ini.. Kalau dilihat dari fisik,sepertinya tidak ada masalah.. Tapi sebenarnya ada masalah yang begitu emosional..

Ini tentang sekolahku.. Aku lebih banyak melamun.. Apa sih yang aku pikirkan?? Gak ada.. Kosong.. Dan melayang.. Namun aku begitu menikmatinya, ketika aku gak lagi dengar suara-suara dari luar.. Sepertinya aku punya dunia sendiri.. Bahkan ditengah pelajaran pun aku melamun.. Pikiranku terbang kemana-mana.. Keluar dari dinding kelas dan tembok sekolah, dimana aku menghabiskan 6 hari dalam seminggu dan 11 tahun dari umurku.

Begitu membosankan.. Tapi aku lebih mati bosan kalo di rumah.. Kalau di sekolah bosan, aku duduk diam mennyelonjorkan kakiku di gazeboo.. Dalam sekejap aku sudah melamun.. Aku dengar teman-temanku berbicara, aku melihat mereka.. Tapi aku kadang gak tau apa yang mereka bicarakan... Akh Rizkaaaaaaaa....

Masalahnya aku kecanduan melamun.. Kalau aku udah kumat, aku bisa lupa segalanya... Lupa peer,tugas,janji,pelajaran,semuanya... Rada-rada gila...

Dan minggu ne gak separah minggu kemaren... Aku lebih banyak ngelamun kayaknya daripada bernapas... Ketika aku sadar semuanya lumayan parah,cuma 1 yang membuatku sadar.. Laskar pelangi.. Rasanya bangun dari mimpi...

Oke, lagu itu mengingatkanku pada masalahku.. Aku tau alasan aku melamun.. Aku berpikir dunia ini kadang-kadang tidak indah bahkan tidak adil..Jadi aku melamun untuk mendapatkan duniaku sendiri di negeri antah berantah....Tapi Nidji mampu membuatku sadar... Semua yang aku miliki, semua orang yang ada di hidupku,adalah bagian dari hidupku dan disinilah sebenarnya aku tepat berada.. Walaupun terkadang masalah datang dan menguras habis seluruh kesabaranku.. Tapi itulah hidup.. Ketika aku meminta kepada Tuhan untuk diberi kesabaran, maka datanglah berbagai cobaan,masalah,bencana yang membuatku berpikir dunia ini tidak adil.. Dan ketika perasaan terintimidasi itu datang, aku gak lagi menikmati dunia dan bersyukur terhadap apa yang telah aku miliki sekarang... Aku sudah terlalu jauh berpikir.. Tuhan memberikan cobaan kepadaku sebagai jawaban atas doaku padanya, dan aku telat menyadarinya...

Setidak adilnya hidup padaku akan lebih jahat lagi kalau aku menganggap Tuhan tak sayang lagi padaku.. Padahal akulah yang jahat pada-Nya.. Ngaji mulai malas,solat ditunda-tunda,gak pernah sedekah... Alamaaaaaaaaaaakkkkk..... Sekarang aku mau memperbaiki semua kekacauan yang aku buat.. Dan selalu bersyukur dengan apa yang telah aku punya... Aku mau hidup seperti dulu lagi........

DAERAH ABU-ABU

Sebagai anak ipa, kadang-kadang kelakuanku lebih mirip berandalan di sekolah daripada anak ipa yang katanya punya kelakuan beradab di masyarakat dan sekolah... Nongkrong di gazeboo padahal bel masuk udah bunyi.. Ribut di kelas.. Sorak-sorai kalo guru gak ada... Padahal kelasku ada di sebelah ruang guru ipa.. Bolos satu kelas,gara-gara mangkel gak dapat jatah ngelipat kertas suara pemilu,kan katanya 2 hari.. Sebenarnya bukan masalah itu,pelajarannya itu loh menyiksa...Makanya kami sepakat gak turun... Biarin aja dihukum jalan bebek mutarin lapangan 50 kali,namanya juga solidaritas teman sekelas....

Dan hari sabtu kemaren (ne hari minggu), guru kesenianku agak mengamuk... Aku sampe berkeringat padahal mendung... Dia mengungkit masalah bocornya soal ulangannya ke kelasku.. Aku yang termasuk dapat bocoran itu.. Dia mulai mengungkapkan kekecewaannya dengan bahasa tingkat tinggi yang buatku kelihatannya jadi bodoh...Udahlah,pokoknya dia kecewa...

Dia bilang boleh mengungkapkan isi hati kamu semua di bawah kertas jawaban ulangan kami.. Jujur saja ya, aku berkeringat gara-gara dia sepertinya melihat ke arahku seakan-akan aku pelaku utamanya.. Padahal aku sama sekali gak ngerti dia ngomong apa....

Makanya aku tulis begini...
Pak, kalau saya buat kesalahan, saya minta maaf. Karena kadang-kadang saya tidak sadar kalau saya telah buat kesalahan.. Itu terjadi karena saya berada di daerah abu-abu sehingga saya tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.. Maaf ya pak...

Sekarang aku jadi berpikir, rupanya ada ya yang namanya daerah abu-abu?? Dan ternyata mang ada... Ini bukan khayalanku saja... Daerah dimana aku gak bisa membedakan mana yang salah dan mana yang benar... Memalukan sekale....

Daerah abu-abu.. Aku terperosok ke dalamnya... Kadang aku gak sadar ada di dalamnya, sampe seseorang komplain ma perbuatanku...

Terutama ibuku... Dia sering komplain dengan sikapku yang menurutku gak salah... Misalnya, aku kan sering dapat telpon.. Kalo aku udah ngobrol di telpon, itu bisa 15 menit, 30 menit, 60 menit, bahkan 180 menit... Habis itu pasti aku kena omel... Mangnya salahku apa toh??? Aku kan di telpon,bukannya menelpon... Kerjaan dah beres,dah cuci piring.. Trus kenapa kalo aku cuma pengen ngobrol ma temanku??? Apalagi aku sering ke warnet sekarang.. Aku tambah buat dosa gara-gara buat ibuku mengomel... Katanya aku pulang terlalu sore... Loh ko bisa terlalu sore??? Bayangkan aja aku pulang sekolah jam 2 siang.. Trus ke warnet.. Belum lagi kalo loadingnya lambat.. Aku mati berlumut rasanya.. Makanya tugasku gak kelar-kelar... Bukan salahku dong kalo dikasi tugas??? Trus salahku apa kalo aku pulang sore???

Ne juga, soal menyontek... Aku bukan siswa suci yang gak pernah nyontek... Tapi guruku selalu bilang kita gak boleh nyontek... Mangnya, mereka gak pernah sekolah??? Gak pernah nyontek...?????

Daerah abu-abu yang menyebalkan... Aku jadi ilfeel....

Kayaknya aku dah kelamaan ngenet deh..

Punggungku juga dah sakit...

Dan dari 2 jam lalu, aku satu-satunya cewek...

Yang laennya cowok semua.. Pada main game...

Aku harus keluar...













0 komentar: